Wisata Tubing di Kaki Gunung Raung

tubing di sungai badeng banyuwangi
wisata tubing di sungai badeng banyuwangiBanyuwangi Mengeksplorasi wisata alam di Banyuwangi tidak ada habisnya, banyak tempat-tempat wisata baru bermunculan dari hasil pemanfaatan yang kreatif dari apa yang terdapat di alam sekitarnya, seperti yang dilakukan sekumpulan para pemuda di desa Sumber Bulu, kecamatan Songgon yang mengembangkan wisata berbasis olahraga yaitu tubing atau body rafting dengan memanfaatkan aliran deras kali badeng yang mengalir dari Gunung Raung melewati desanya. Mereka menamakan tempat wisata ini “X-Badeng Tubing Adventure Team” yang di kelola di bawah badan usaha milik desa dan resmi dibuka untuk umum sejak tahun 2011. Untuk menuju tempat wisata ini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil. Jika menggunakan kendaraan umum, dari arah Banyuwangi kota, dari pertigaan kantor pos Rogojampi dilanjutkan naik angkot menuju ke Songgon, turun di pasar Songgon dan dilanjutkan dengan naik ojek. Bila dari kecamatan Genteng, pengunjung bisa ambil jalan lurus ke arah utara hingga mencapai pasar Gendoh, lalu belok ke timur melewati tempat wisata Gumuk Klasi, lurus sampai ketemu papan petunjuk jalan, belok kiri  kemudian lurus hingga pertigaan tugu, belok kanan dan lurus maka pengunjung akan sampai di tempat pusat informasi X-Badeng Adventure yang merupakan pos untuk pendaftaran dan memakai peralatan pengaman sebelum melakukan wisata tubing, seperti helm, pelindung sikut dan lutut dan rompi pelampung. Di tempat wisata ini ada beberapa paket wisata yang ditawarkan pada pengunjung, berdasarkan panjang lintasan dan tingkat kesulitannya, pertama adalah paket extreme 3, dengan jalur yang pendek sekitar 1,5 Km dimulai dari Kalimati – Dam Siran dengan waktu tempuh 1 – 1,5 Jam. Kedua, paket extreme 2, dengan jalur yang lebih panjang sekitar 4 Km dengan waktu tempuh 2 – 3 Jam, mulai dari air terjun Sempol – Dam Siran dengan 10 titik jeram. Dan yang terakhir paket extreme 1, dengan jalur sepanjang 7 Km dengan waktu tempuh sekitar 4 – 6 Jam dengan jalur yang lebih menantang dan seru. Harga untuk masing-masing paket berkisar antara 40 ribu – 100 ribu tergantung dari paket yang dipilih. Biasanya pengunjung akan dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berisi 10 orang yang akan didampingi 6 guide untuk menuju ke tempat start. Sebelum di mulai para guide akan melakukan briefing atau penjelasan kepada masing-masing kelompok mengenai medan yang akan ditempuh dan pengecekan penggunaan peralatan pengaman untuk masing-masing peserta kemudian dilakukan pemanasan  dengan olahraga ringan. Satu persatu para peserta akan menceburkan diri ke sungai Badeng dengan perangkat tubing yang terbuat dari ban dalam truk fuso yang telah di modifikasi menggunakan tali untuk tempat pegangan dan siap meluncur melewati derasnya aliran sungai Badeng. Setiap peserta dituntut ketangkasan dan ketenangannya saat mengendalikan laju peralatan tubing agar seimbang, tidak lepas dan jatuh terbalik ke sungai. Meskipun, rata-rata kedalaman sungai Badeng hanya 50 Cm namun arusnya sangat deras dan banyak jeram-jeram yang sangat menantang. Justru momen-momen saat peserta jatuh ke sungai itulah yang menimbulkan banyak ekspresi dan keasyikan tersendiri untuk terus mencoba menaklukan derasnya arus sungai Badeng dengan peralatan tubing, seperti di titik akhir di Dam Siran para peserta akan bergantian meluncur ke sebuah dam dengan ketinggian 2 meter, terdengar ramai riuh teriakan sebagai ungkapan ekspresi dari para peserta saat jatuh.
wisata tubing di sungai badeng banyuwangi
Nah seru kan ??, jika anda tertarik untuk mencoba wisata tubing atau body rafting ini yang utama siapkan stamina anda untuk menyusuri derasnya aliran sungai Badeng yang berair jernih dan dingin di jamin anda akan merasakan pengalaman yang tidak akan terlupakan saat terombang-ambing dialiran sungai yang deras, melewati jeram dan saat terjatuh ke dalam sungai. Sepanjang aliran sungai ini juga mempunyai pemandangan yang masih alami dengan melewati lebatnya hutan pinus yang hijau dengan udara yang sejuk. Menurut keterangan salah satu pengelola tempat ini selalu ramai di saat akhir pekan dan banyak di kunjungi oleh para peserta yang berasal dari anak-anak sekolah hingga para dinas-dinas di instansi pemerintahan yang datang dengan rombongan. Namun, wisata ini dibatasi hanya untuk usia minimal 7 tahun, jadi tidak disarankan untuk ikut jika berusia di bawahnya. Selamat mencoba sensasi baru berpetualang di sungai..*)